32 Desa Belum Laporkan Realisasi DD

32 Desa Belum Laporkan Realisasi DD

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Menyisakan waktu kurang 2 bulan, masih ada 32 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang belum melaporkan realisasi dana desa (DD) tahap II 2018.Dengan demikian, penyaluran DD di 32 desa tersebut bakal mengalami keterlambatan dibandingkan desa lainnya.

\"Hingga hari ini masih ada 32 desa dari total 142 desa se-Kabupaten Benteng yang belum menyampaikan laporan realisasi DD tahap II,\" ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Benteng, Edi Susila SSTP, kemarin (4/11).

Edi mengatakan bahwa puluhan desa tersebut tersebar di seluruh kecamatan di Benteng.\"Pada dasarnya, kami selalu mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) maupun Penjabat (Pj) Kades agar segera merampungkan laporan realisasi dan mengajukan usulan DD tahap III. Semakin cepat persyaratan dilengkapi, akan semakin cepat pula DD tahap akhir dikucur,\" jelas Edi.

Secara keseluruhan, terang Edi, sebanyak 110 desa telah mendapatkan rekomendasi pencairan DD tahap akhir tahun 2018. Rekomendasi pencairan juga sudah disampaikan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng untuk diproses pencairan.

Informasi dihimpun Bengkulu Ekspress, rekomendasi yang disampaikan oleh DPMPD akan diperiksa ulang oleh Bidang Anggaran BKD Kabupaten Benteng sebelum disampaikan ke Kepala BKD. Setelah itu, berkas persyaratan akan diverifikasi lagi oleh Bidang Akuntansi sebelum akhirnya dinyatakan lengkap dan diteruskan ke Bidang Perbendaharaan agar dapat diterbitkan surat perintah pencairan dana (SP2D) DD tahap III.\"Usulan pencairan DD tahap III dari 110 desa sudah diteruskan ke BKD Kabupaten Benteng,\" jelas Edi.

Secara umum, ulas Edi, transfer DD tahap III dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas umum daerah (RKUD) baru bisa diproses tatkala serapan DD tahap II sudah mencapai 70 persen. Karena laporan dari 110 desa sudah melebihi 70 persen, pengajuan transfer DD tahap III sudah bisa diproses.

\"Jika tak ada halangan, pemindahan DD tahap III dari RKUD ke rekening kas desa sudah dilakukan pada minggu depan. Setelah masuk ke rekening kas desa, 110 desa sudah bisa merealisasikan DD tahap akhir. Diharapkan, seluruh DD tahun 2018 bisa terserap semua,\" harap Edi.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: